Atap yang kita akan buat adalah
model pelana seperti gambar disamping. Pada sisi kiri dan kanan genteng
terdapat lisplang
dan pada ujung atas atap dipasang nok. Keduanya dengan
bahan
yang sama dengan genteng . Genteng
yang dipakai adalah genteng keramik dipasang dengan sudut kemiringan
30°. Titik tengah
struktur atap persis berada di titik tengah dinding bagian barat.
Pada pembuatan model atap ini, saya tidak memasukan struktur rangka
atap
karena detil bentuk ini sebaiknya diserahkan kepada ahlinya. Jika
anda inginkan, setelah desain struktur atap dibuat, bisa saja kemudian
anda tambahkan dalam model ini supaya modeling menjadi lebih lengkap.
Keseluruhan proses pembuatan atap adalah sebagai berikut:
-
Previous 3D Model
|
Disarankan
agar anda telah menyelesaikan bab-bab sebelumnya sebelum memulai bab
ini. Namun apabila anda ingin langsung memulai dari bab ini, silahkan
download 3D model per posisi sebelumnya pada link ini.
|
Mengelompokan elemen dinding/lantai dan Pekarangan agar terpisah dari
elemen atap yang akan kita tambahkan
- Pembuatan struktur dasar atap
- Pembuatan genteng
- Pembuatan sopi-sopi dan plafon
- Pembuatan lis plafon
- Finalisasi atap.
Pengelompokan Elemen Dinding, Lantai dan Pekarangan
Pada saat ini sudah ada cukup banyak object yang kita tambahkan ke
dalam model 3 Dimensi yang kita buat. Secara garis besar
yang semua objek tersebut bisa di kelompokan menjadi:
- Dinding dan lantai
Dinding dan lantai berikut semua objek yang melekat seperti
pintu,
jendela, kamar mandi dan teras.
- Halaman depan dan belakang.
Area yang tersisa di kavling yang kita akan kita isi dengan objek
outdoor
dan rumput.
Untuk keperluan kemudahan editing kita perlu mengelompokan
elemen-elemen tersebut menjadi group. Pembuatan ini dilakukan dengan
memilih
elemen-elemen yang saya
sebutkan tersebut dengan Selecttool dan dan menjadi
group-group terpisah.
-
Tip & Trick
|
Seleksi dengan Mouse
Click
Umumnya seleksi dilakukan dengan mouse click.
- Single Klick untuk membuat fokus editing pada object
- Double clikk untuk memilih face dan sisi-sisinya
- Triple click untuk memilih semua faces dan edges yang
terkoneksi dengan objek yang kita klik.
Untuk merubah hasil seleksi kita melakukan:
- Menahan [Control] key untuk menambah objek
lain kedalam seleksi.
- Menahan [Shift] key iuntuk menambah ATAU
mengurang seleksi yang telah ada
- Menahan [Shift+Control] keys untuk mengurang
seleksi yang telah ada
|
Arahkan kamera sehingga seluruh model dapat terlihat dari sisi barat
dengan jelas.
- Pilih Select tool
dan tekan/tahan Control key sehingga cursor menjadi. Double Click pada pekaranngan
depan, dan double klik pada pekarangan belakang menambah
bagian ini kedalam seleksi.
- Buat
object yang terpilih ini menjadi sebuah group melalui Context menu
-> Make Group. Aktifkan kembali contect menu untuk merubah nama
group ini menjadi "Pekarangan" melalui window Entity Info. Tutup window
ini
setelah selesai.
- Pilih semua object yang ada di layar dengan
memakai fungsi Select All yang ada di Window (Ctrl+A).
Kemudian pilih
kembali Select tool dan tekan/tahan Shift+Control key
sehingga cursor berubah menjadi .
Klik pada group Pekarangan sehingga keluar dari seleksi. Disini saya
tidak dengan memakai mouse click untuk memilih object satu
persatu
karena
object yang ada cukup banyak (pintu, jendela, teras, komponen kamar
mandi)
- Lakukan seperti langkah (c) unttuk membuat pilihan ini menjadi
group. Beri nama group ini sebagai "Lantai 1".
|
Animasi
pengelompokan dinding dan lantai. |
Membuat Struktur Atap
Membuat Genteng
-
Membuat Komponen Genteng.
Kita akan membuat genteng dengan sisi kiri/kanannya dipasang
lisplank. Motif genteng dan lisplank memakai
material. Agar sisi samping material bisa searah
dengan sudut
kemiringan, genteng ini harus dibuat menjadi sebuah group atau komponen
(Lihat bab Finishing). Bentuk genteng sisi depan
sama
persis dengan bentuk sisi belakang, jadi sisi genteng akan jadikan
sebagai
komponen sehingga bisa dipakai di kedua sisi.
Tip & Trick
|
Komponen
Apabila
suatu objek akan dipakai berkali-kali maka objek tersebut perlu
didefinisikan sebagai komponen. Karena apabia komponen tersebut diedit,
maka perubahannya akan object komponen yang sama sehingga pekerjan
menjadi efisien.
|
Pembuatan komponen genteng akan dilakukan dengan memakai segi
empat
yang ada di struktur atap. Buat kotak baru dengan cara menebalkan area
ini
setinggi 10 cm (ketebalan seluruh struktur genteng plus reng) dengan
memakai Push/Pulltool.
Rubah bentuk ini menjadi komponen kemudian kita rubah axis komponen ini
sehingga searah
dengan kemiringan. Kita akan tambahkan sisi depan komponen ini
sepanjang 60 cm
untuk area teritisan.
-
Tip & Trick
|
Seleksi object memakai
context menu
Selain dengan operasi mouse click, pemilihan object juga bisa dilakukan
dengan Context Menu -> Select dengan pilihan al:
- Bounding Edges. Memilih hanya
sisi-sisi yang mengelilingi face yang sedang aktif
- Connected Faces. Memlih hanya
faces yang sisinya bersinggungan langsung dengan sisi face yang sedang
aktif
- All Connected. Memilih semua face
dan garis yang bersinggunagan langsung dengan sisi face ayng sedang
aktif.
|
Pilih Push/Pull Tooldan
tekan Contrrol sekali untuk membuat face baru. Klik pada permukaan
bidang depan struktur awal atap dan tarik sebesar 10 cm ke atas.
- Pilih kotak yang semua sisi dari kotak yang baru kita
tambahkan:
- Pilih select tool dan right klik pada bidang permukaan
genteng untuk mengaktifkan Context menu.
- Pilih keseluruhan tebal yang kita dengan Context
Menu -> Select -> Connected Faces. Perintah ini akan memilih
semua faces yang menempel dengan face yang kita pilih. Face yang
terbawah tidak akan terpilih. Nanti kita perbaiki.
- Dengan posisi seleksi seperti pada point (c) aktifkan lagi
context menu untuk memunculkan window "Create Component".
- Rubah nama komponen menjadi "Genteng Sisi"
- Tekan tombol Set Component Axis untuk merubah arah axis
sesuai dengan kemiringan dari genteng.
- Klik pada sudut bawah genteng untuk menetakanya
sebagai sebagai titik pertemuan Axis.
- Klik pada garis sejajar dengan sumbu merah untuk
menetapkan arah axis merah (tetap sama dengan axis merah awal).
- Klik pada sisi yang miring untuk menetapkan garis ini
sebagai axis biru yang baru.
- Setelah
muncul kembsali window "Create Component", klik pada Replace selection
with component" sehingga objek aslinya akan digantikan dengan komponen
yang sedang kita buat.
- Klik tompol
Crate untuk menyekesaikan komponen.
- Tambahkan bagian bawah genteng untuk sepanjang 60 cm
sebagai teritisan. agar sebagian dinding terlindung dari ampyas air
hujan dan sinar matahari.
|
Animasi
Pembuatan Genteng Depan. |
-
Genteng Belakang dan Finalisasi Genteng
Bentuk genteng pada sisi belakang persis sama dengan bentuk
genteng
depan. Untuk itu kita hanya perlu mengcopy genteng depan dan
memperbaiki arah kemiringan dengan cara memutar genteng hasil copy
tersebut sebesar 180° memakai Rotatetool dan kemudian kita menambah
lisplank di depan genteng paling bawah dengan tebal 2 cm dan
tinggi 25 cm dengan memakai Push/Pulltool.
-
Tip & Trick
|
Rotate Tool
Move /Copy tool bisa dipakai
untuk memutar object pada porosnya. Untuk memutar object pada titik
lain dipakai Rotate tool.
Dengan tool ini anda harus menetapkan dulu bidang perputaran, titik
putarnya dan kemudian besaran putaran yang diinginkan.
Bentuk
Cursor adalah seperti gambar disamping. Warnanya hitam apabila bidang
perputarannya tidak sama dengan salah satu axis. |
Copy componen Genteng untuk keperluan bidang genteng bagian belakang
dengan Move/Copy tool plus Control key
- Putar komponen tersebut sehingga memilki sudut yang
berlawanan dengan genteng depan memakai Rotate tool.
- Pilih Rotate Tool dan arahkan pada bidang horizontal
sehingga cursor berwarna biru dan tekan Shift untuk menguncinya.
- Arahkan mouse pada garis paling atas komponen gengteng
hasil copy dan klik disalah titik disitu dan lepas shift.
- Arahkan mouse keatas menelusuri garis itu dan klik disitu
untuk menetapkan sisi yang akan diputar.
- Putar mouse ke arah kanan dan langsung ketik 180 untuk
mendapatkan putaran setengah lingkaran.
- Pindahkan
komponen gengteng yang baru agar menempel dengan komponen yang lama
pada sisi atas bagian bawahnya dengan Move/Copy tool.
- Perbaiki Bagian bawah genteng.
Pada
saat kita membuat komponen genteng (1c) kita hanya memilih sisi atas
dan samping dari kotak genteng sehingga pada saat ini komponen tersebut
bawahnya bolong
- Double klik pada komponen genteng bagian belakang untuk
masuk kedalamnya.
- Dengan Line tool, buat garis baru sepanjang sisi paling
bawah komponen sehingga terbentuk face yang menutup sisi bawah genteng.
- Buat lisplang untuk menutup genteng bagian bawah.
- Pilih Push/Pull tool dan tekan Control untuk
membuat bidang baru dan tarik kedepan sepanjang 2 cm.
- Masih dengan Push/pull tool klik sisi bawah dari kotak
yang baru terbuat dan tarik kebawah untuk mendapatkan lipslang tebal 2
cm dan tinggi 25 cm sepankang garis genteng.
- Keluar dari dalam komponen dengan memilih select tool dan
klik pada area diluar komponen.
Perhatikan bahwa pada komponen genteng sisi depan secara otomatis
diperbaiki dan ditambahkan lisplang.
|
Animasi
Genteng Belakang dan Penambahan Lisplank Bawah. |
-
Menambah Nok
Pada pertemuan ujung atas bidang genteng akan dipasang nok
berbentuk setengah lingkaran dan dipasang sepanjang lebar struktur
genteng.
Pembuatan Nok dilakukan dengan memakai
Arctool
untuk membuat garis lengkung berbentuk setengah lingkaran yang
menghubungkan kedua puncak masing-masing bidang genteng. Kemudian
ditambahkan garis dengan Linetool dan
yang mengikuti sisi atas masing-masing bidang genteng sehingga
membentuk sebuah face. Face ini ditekan sepanjang lebar bidang genteng
dengan memakai Push/Pulltool sehingga membentuk nok yang
siap diberi motif genteng.
- Yakinkan
kita tidak berada di dalam salah satu group dengan mengklik area diluar
group manapun dengan select tool.
- Arahan kamera sehingga mendekati daerah sekitar sudut
pertemuan kedua sisi genteng dari arah barat.
-
Tip & Trick
|
Arc Tool
Untuk membuat garis lengkung dipakai Arc
tool.
Segera setelah kita memilik Arc tool, kita bisa memasukan jumlah segmen
yang kita inginkan. Semakin banyak segmen, lengkungan akan semain halus
namun akan menambah file size dan beban prosesor.
Setelah garis lengkungan dibuat kita bisa langsung memasukan besarnya
ketinggian lengkungan sehingga bentuk akhir lengkungan bisa di kontrol
dengan akurat. |
Pilih Arc tool untuk dan klik pada ujung atas genteng
belakang dan
selanjutnya klik pada ujung atas genteng depan. Arahkan mouse ke atas
dan klik pada saat inference "Half Circle" muncul untuk
membuat
lengkungan berbentuk setengah lingkaran.
- Pilih line tool dan klik pada sisi awal lengkungan yang
baru ke arah sudut pertemuan genteng bagian bawah dan klik lagi pada
sisi
akhir lengkungan sehingga terbentuk sebuah face.
- Double
Click untuk memilih bidang yang baru tersebut tersebut dan rubah
menjadi group, dan buka Window Entity Info untuk memberinya nama "Nok".
- Double click pada group yang baru dan pilih Push/Pull
tool dan klik pada permukaan dan geser ke arah timur dan langsung ketik
700 untuk mendapatkan nok sepanjang lebar kavling.
- Keluar dari group dengan mengklik area diluar group dengan
memakai Select tool.
|
Animasi
Pembuatan Nok dan Group Genteng |
Membuat Sopi-sopi dan Plafon
Sopi-sopi adalah struktur diatas dinding yang dipakai untuk
menopang atap pada atap jenis pelana. Saat ini area bawah atap tersebut
terhalang
oleh bidang genteng. Untuk itu kita perlu menyembunyikan sementara
seluruh bagian genteng dengan Context Menu -> Hide.
Tip & Trick
|
Hide
Kita
bisa menyembunyikan dulu satu atau beberapa objek sehingga tidak
menghalangi view dari objek yang ada dibelakangnya. Proses hide bila
dilakukan melalui Context Menu atau menu View ->hide. Unhide menu
bisa dilakukan melalui menu Edit -> Unhide.
|
Bentuk luar sopi-sopi persis sama dengan sisi timur/batar
struktur awal atap. Kita hanya pelu menambahkan ketebalan sesuai dengan
tebal tembok dengan memakai Push/Pulltool dan menghapus
garis-garis yang lain dengan Erasetool.
Kita juga akan mengelompokan object in menjadi group "Sopisopi"
- Sembunyikan Group genteng agar tidak mengkalangi editing
sopi-sopi yang berada dibelakangnya
- Pilih select tool dan right klick pada group genteng untuk
mengaktifkan Context Menu dan
- Pilih hide sehingga objek ini menghilang.
- Triple klik pada salah satu bidang pada prisma untuk memilih
semua bagian struktur awal dan buat struktur awal ini. Rubah seleksi in
menjadi
group dan dengan nama "Sopisopi" melalui Entiry Info.
- Buat sopi-sopi dengan menebalkan struktur awal atap pada kedua
sisinya sesuai dengan ketebalan tembok.
- Masuk ke dalam group sopisopi dan tebalkan kedua sisi segi
tiga masing memiliki ketebalan 15 cm dengan memakai Push/Pull tool.
- Hapus garis garis yang tidak terpakai diantara kedua sisi
sopisopi.
- Keluar daari sopi ini untuk menyelesaikan dengan mengklik
bidang diluar sopi.
- Dengan memakai Rectangle tool, buat bidang-bidang plafon pada
sisi atas dinding dengan bentuk persis sama dengan bagian dalam dinding
masing-masing ruangan.
- Buat Plafon ruang tengah memakai dua buah rectangle dan hapus
garis yang tidak diperlukan sehingga plafon tersebut menjadi satu
bidang.
-
Tip & Trick
|
Back Face dan Reverse
Face
Default color pada SketchUp memiliki warna yang berbeda antara sisi
depan dengan sisi belakang (backface). Sisi backface lebih gelap
dari sisi front face.
Untuk memembalik sisi face ini dipakai Context Menu -> Reverse Back
Face.
|
Buat plafon ruangan lain persis sama dengan sisi dalam dinding
masing-masing ruangan dengan Rectangle tool.
- Kita melihat plafon ini dari atasnya, seharusnya warna plafon
ini agak gelap karena yang kita lihat adalah backfacenya. Apabila ada
plafon yang berwarna terang, balikan permukaannya dengan memakai
Context Menu -> Reverse Face.
- Munculkan kembali semua object yang disembunyikan melalui menu
Edit
-> Unhide -> All.
|
Animasi
Pembuatan Sopi-sopi dan Plafon |
Membuat Lis Plafon
Seluruh kamar
yang ada di rumah ini memakai plafon dengan hiasan lis profil
disekelilingnya. Model plafon seperti ini biasanya dibuat dari bahan
gipsum. Untuk kesederhanaan modeling, saya tidak membuat ketebalan
untuk bidang-bidang plafon ini dan hanya meletakan plafon ini persis
pada pada akhir tinggi tembok yang kita telah buat.
Bentuk
dan ukuran detil dari lis plafon adalah seperti gambar disamping.
Bagian yang rata di atas dan disamping kanan adalah bagian yang
menempel ke dinding dan ke plafon
Profil gipsum terbentuk dari
sebuah garis lurus yang mengambil 1/5 bagian dari sisi miring dan
sebuah
cekungan dan cembungan setinggi 1 cm dengan lebar masing-masing 2/5
bagian dari sisi miring tersebut
Untuk membuat profil ini kita cukup membuat sebuah segitiga 8x5 cm
dengan Linetool dan kemudian menghias
sisi miringnya dengan cekungan dan cembungan memakai Arctool. Pembagian
garis ini menjadi 5 bagian cukup dilakukan dengan memakai fasilitas
Divide pada context menu. Setelah bentuk 2 dimensi lis plafon ini
selesai, kita memakai Follow Metool untuk membuat profil ini
mengikuti sisi-sisi yang mengelilingi masing-masing plafon.
- Arahkan fokus kamera ke sudut timur bagain belakang bidang
plafon kamar mandi. Apabila perlu, sembunyikan dulu objek-objek yang
menghalangi dengan Context Menu -> Hide.
- Buat bidang segitiga siku-siku dengan tinggi 8 cm dan lebar 5 cm
memakai line tool pada lokasi sementara dimana ujung bawah segitiga
berada pada salah satu sudut pafon.
- Bagi garis mring menjadi 5 bagian
- Pilih garis miring dengan select toll dan aktifkan
contrext menu dan pilih divide. Pada garis akan uncul beberapa buah
titik-titik merah yang menunukan banyaknya pembagian
- Geser mouse sepanjang sisi miring tersebut dan klik pada saat
pembagian menjadi 5.
- Buat cembungan bagian bawah.
- Pilih Arc tool dan arahkan mouse pada titk awal
sudut miring daan geser mouse keatas sepanjang garis miring sampai
ketemu dua kali titik hijau yang menandakan kita mengambil 2/5
bagian dari garis tersebut
- Arahkan mouse kearah depan sehingga terbentuk
cembungan dan ketik 1 untuk membuat cembungan sebesar 1 cm
- Buat cekungan bagian atas
- Klik mouse pada titik atas cembungan dan dan geser
mouse kearah atas sampai mendapat 2/5 bagian lagi.
- Arahkan mouse kearah dalm sehingga
terbeentuk cembungan dan ketik 1 untuk mendapatkan cekungan
sedalam 1 cm
- Hapus garis-garis yang tidak diperlukan sehingga bentuk objeck
seperti pada gambar diatas.
- Persiapkan object ini untuk di paste di posisi yang
sesuai dengan Double
clik pada bidang profil untuk memilih seluruh bentuk profil dan
memotongnya (cut)
memakai menu Edit -> Cut atau Control-X (cara
melakukan Cut standard Window) untuk memindahkan object ini ke
dalam memory.
- Paste bentuk poifile yang telah disimpan di memori di sudut
plafon kamar mandi
- Pilih
Move tool dan arahkan mouse pada ujung paling kiri plafon kamar mandi
ini dan tekan Tekan contol v untuk memasasang bidnag profil pada lokasi
sekitar sudut ini.
- Pindahkan dengan mouse tool pada posisi yang seharusnya
dengan mengklik pada sudut kiri atas dan menggesernya sehngga menempel
dengan sudut kiri bidang plafon.
- Paste objek tersebut pada salah satu sudut bidang plafon yang
lain.
- Arahkan mouse pada sudut plafon ruang tengah dan tekan
Control-V pada titik sudut ini dan goyang sedikit mouse sehingga bentuk
profil mucul pada posisi ini dan tekan clik untuk menaruh profil pada
bidang ini.
- Lakukan hal yang sama pada masing-masing bidang plafon yang
lain
-
Tip & Trick
|
Follow Me Tool
Kita
bisa membuat sebuah bidang 2 dimensi menjadi 3 dimensi dengan Push/Pull
tool dengan alur yang tegak lurus dengan bidang 2 dimensi tersebut.
Untuk membuat bidang 2 dimensi menjadi 3 dimensi dengan alur selain
tegak lurus dipakai Follow Me tool. Pertama, pilih alur yang akan
dilalui, lalu klik bidang 2 dimensi yang akan kita rubah memakai Follow
Me tool. |
Buat profil untuk plafon ruang tengah.
- Arahkan kamera sehingga sudut dimana profile menempel di
bidang plafon tengan sepenuhnya terlihat
- Klick pada bidang plafon kamar tengah dan aktifkan contect
menu dan pilih Select Boundari untuk memilih semua sisi yang ad di
plafon ini.
- Pilih follow me tool dan klik pada bidang profil
yang menempel pada plafon ini. Otomatis profil ini akan dibuat
mengeliling sepanjang sisi plagon ruang tengah sebagaimana lazimnya
bentuk dan posisi lis plafon.
- Ulangi proses diatas untuk bidang bidang plafon
yang lain untuk menyelesaikan seluruh lis plafon. (pada animasi,
pengcopian bentuk profile dan finalisasi plafon lain tidak ditampikan)
- Keluar dari group plafon untuk menyelesaikan pembuatan lis plafon
|
Animasi
pembuatan plafon dan lis |
Finalisasi Atap
Walaupun dari luar atap sudah tampak selesai, masih ada bagian
kecil
yang kurang, Dinding belakang ruang tengah masih belum menyentuh atap
sehingga area ini masih
bolong. Tambahkan dinding pada bagian yang bolong sehingga semua
dinding menyentuh atap. Penambahan dinding ini saya lakukan didalam
Group Sopi-sopi sehingga dinding-dinding Lantai 1 masih tetap terlihat
rata.
Untuk pekerjaan bagian ini, saya hanya akan menampilkan animasi dari
proses penambahan dinding tersebut. Silahkan perhatikan tool dan cara
yang dipakai untuk anda kerjakan sendiri.
|
Animasi
finishing akhir elemen atap |
We have Accomplished ....
No |
T o p i k
|
1 |
Melakukan tiga macam cara seleksi
object dengan mouse click.
|
2 |
Menjalankan perintah standard Window
untuk melakukan Select All (Ctrl-A), Cut (Ctrl-X) dan Paste
(Ctrl-V)
|
3 |
Membuat garis bantu (Guides) dengan
sudut tertentu memakai Protractor Tool.
|
4 |
Membuat, merubah axis, mengcopy dan
mengedit komponen sederhana. |
5 |
Melakukan Seleksi object memakai
context menu: Connected Faces dan Bounding Edges.
|
6 |
Memakai Rotate Tool untuk
memutar sebuah object pada bidang dan titik putar yang kita tentukan
sendiri. |
7
|
Membagi sebuah garis menjadi
beberapa bagian yang sama dengan memakai context menu Divide.
|
8 |
Memakai Arc tool untuk
membuat garis lengkung dan garis cembung. |
9 |
Menyembunyikan sementara suatu objek
dengan Context Menu-Hide dan memunculkannya kembali dengan Menu Unhide.
|
10
|
Memakai Follow Me tool untuk
membuat profil pada sisi-sisi suatu bidang sesuai dengan bentuk bidang
yang lain. |
11
|
Membalik sisi muka (face) suatu
bidang dengan Context Menu -> Reverse Face |
We are almost done with Project I. Kita
hanya perlu menambahkan bentuk pekarangan dan menambah material
yang sesuai seperti keramik dan kayu
sehingga model terlihat lebih realistis.
Cheers
Harrynov
1 comments:
terima kasih banyak...tutorial yang anda berikan sangat membantu...
semoga anda mendapatkan kebaikan dan keberuntungan berkat tutorial yang baik dan sangat berharga ini...
salam hangat pengunjung...
Posting Komentar