Untuk mempercepat pembuatan model rumah, saya akan menyediakan enam
buah
komponen yang bersifat dinamis (dynamic component) untuk anda download
dari Google 3d Warehouse. Komponen ini memiliki opsi- opsi tertentu
yang dapat dimodifikasi sehingga anda hanya membutuhkan satu komponen
ini saja untuk selama modeling rumah (misalnya untuk semua jendela
rumah Anda, walaupun masing-masing mempunyai bentuk dan ukuran yang
berbeda).
Ada tiga komponen Quickies yang digunakan selama Proyek
Satu: Komponen Segi Empat (Quick-Rectangle), sebuah Pintu (Quick-Door)
dan Jendela (Quick-Window). Tiga Quickies lagi akan tersedia
sebelum kita mulai Proyek Dua: Pintu Geser (satu/dua daun pintu),
Tangga lurus/Letter-U- dan Tangga Spiral.
Saya akan membahas dimana dan bagaimana untuk men-download tiga Quickies ini di bagian akhir posting ini. Untuk saat ini, saya percaya enam komponen akan menutupi kebutuhan kita akan cepat dan akurat modeling.
Tips and Trick |
Dynamic Component Tidak seperti komponen biasa, Dinamic Component (DC) dapat menerima masukan dari pengguna untuk mengubah pilihan/setting dalam rangka mengendalikan elemen-elemen dari komponen tersebut. Sebuah Dynamic Component biasanya juga memiliki beberapa logika tertentu mengenai perilaku komponen ketika diklik dan / atau diubah ukurannya. |
Saya membuat semua komponen ini untuk membantu menemukan
dimensi yang tepat dari kebutuhan jendela/pintu. Jika kita bisa
melakukannya ini dengan sesederhana mungkin, kita akan dapat lebih
berkonsentrasi pada proses modeling lain. Misalnya, anda mungkin ingin
merubah ukuran dimensi jendela secara keseluruhan agar sesuai untuk
dinding yang sudah ada. Persis seperti dalam alam nyata,
perubahan ukuran jendela tidak boleh menbambah ukuran kusen
kecuali yang berkaitan dengan panjang untuk mengakomodasi ukuran
jendela yang baru. Untuk alasan tersebut, komponen pintu dan
jendela terinci sampai kedalaman skoneng tetapi tidak ada ornamen
seperti bevel/profil.
Satuan Ukuran
Secara default, satuan yang dipakai adalah Centimeter. Anda dapat
memasukan angka desimal sebanyak yang diperlukan. Anda juga bisa
memasukan unit lain selain cm sepanjang entry ukuran tersebut
dilengkapi dengan satuan terkait, misalnya 50" atau 39.15m. Setiap saat
ukuran-ukuran ini dapat dirubah sehingga kita dapat mencari ukuran dan
bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.
Animasi
Komponen-komponen pintu dan jendela memiliki kemampuan animasi
berupa buka/tutup
agar analisa disain lebih akurat. Selain itu, tampilan model juga
menjadi lebih keren.
Scaling/perubahan ukuran keseluruhan
Tips and Trick |
Perubahan Arah Bukaan
Pintu Komponen pintu satu daun akan memiliki bukaan kanan. Untuk membuat bukaan kiri, anda dapat membalik komponen ini dengan mengaktifkan Context Menu (Right Mouse Klik) dan pilih Flip Along - Component's Red. atau Anda dapat menggunakan Scale tool dengan menggeser salah satu sisi melewati sisi yang lain. Pendekatan pertama sebaiknya jika dimensi pintu sudah di entry. |
Masing-masing komponen memiliki pengaturan lebar dan panjang ukuran secara akurat. Selain itu, ukuran ini komponen juga dapat diubah dengan menggunakan Scaletool. Perubahan pada komponen menggunakan perangkat ini akan mengubah panjang dan lebar keseluruhan dari komponen, tetapi tidak akan berdampak pada dimensi lain yang tidak terkait langsung dengan ukuran keseluruhan.
Quick Rectangles (1)
Komponen sederhana yang utamanya dipakai untuk membuat denah rumah kasar secara cepat dan akurat. Berdasarkan denah kasar ini, dinding-dinding kamar dibuat.
Pada saat pembuatan dinding, komponen ini akan diurai (explode) menjadi garis dan bidang yang menyatu dan akan hilang dengan sendirinya dari model.
Bilamana terdapat dinding yang tidak sepenuhnya berbentuk segi
empat,
maka bentuk itu bisa dipecah menjadi beberapa segi empat. Nanti sebelum
pembuatan dinding, bentuk denah kita perbaiki dan garis yang
tidak perlu bisa dihapus.
Isi Lebar dan Panjang komponen ini
sesuai dengan ukuran kamar yang
akan
dibuat. Perubahan panjang atau lebar komponen ini dapat
dilakukan juga dengan memakai Tool Scale.
Sembilan buah Quicky-Rectangles yang dirangkai menjadi sebuah denah. Dimensi masing-masing kamar ditambahkan ke gambar untuk memperjelas gambar.
Quick-Door (2)
Komponen ini akan dapat secara akurat membuat model pintu engsel
(hinged) - dengan satu atau dua daun, termasuk animasi buka tutup.
Perubahan ke tinggi (a) atau lebar(b) komponen ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan Scale Tool. Sementara pengaturan lainnya, seperti lebar kusen (h), ketebalannya (c) dan Skoneng (g) harus ditetapkan melalui window Component Options. Demikian juga dengan ukuran ketebalan daun pintu (e) dan lebar daun pintu kedua (f).
Seperti yang anda lihat, lebar daun pintu pertama tidak dapat diedit
karena akan secara otomatis dihitung berdasarkan dimensi keseluruhan,
beberapa pengaturan lain. Jadi jika anda ingin memiliki kedua daun
memiliki lebar yang sama, Anda perlu menemukan lebar bersih ketika
tidak ada daun kedua. Kemudian membagi angka ini dengan dua dan
masukkan hasil sebagai lebar net pintu kedua.
Tanpa alasan yang jelas, saya menetapkan sudut maksimal
pembukaan pintu kedua - ketika di animasi buka tutup - setengah dari
nilai bukaan maksimal pintu pertama.
Contoh Implementasi Quicky-Door |
Quick-Window (3)
Saya mencoba untuk membuat komponen ini sebagai "one for all
dynamic component" yaitu dapat digabungkan berkumpul untuk membuat
berbagai bentuk desain jendela.
Hal ini mungkin tidak sepenuhnya
tercapai, tapi komponen ini masih cukup fleksibel untuk dirangkai
menjadi seperangkat jendela yang berbeda-beda seperti yang
diilustrasikan pada contoh dibawah.
Pilihan yang tersedia dari komponen ini hampir mirip dengan Quick-pintu.Salah satu perbedaan penting adalah bahwa dalam Quick jendela kita bisa menyembunyikan satu sisi kusen sehingga hanya akan ada tiga sisi dari kusen. Side A adalah sisi dimana terdapat engsel. Side B, C dan D adalah sisi lainnya sesuai dengan arah jarum jam. Kita perlu menyembunyikan salah satu sisi kusen jika kita ingin menempelkan komponen jendela ini jendela atau pintu lain komponen. Jadi komponen gabungan akan terlihat seperti sebuah komponen. Kita dapat memutar setiap Quick-Jendela sehingga bisa memiliki bukaan samping atau bawah..
Contoh Pemakaian Quicky-Window |
Mendownload dan Menyimpan Quicky Component.
Ketiga Quicky komponen ini sudah saya upload ke
Google 3d Warehouse. Klik pada Gambar disamping atau pada link ini. Untuk membuka halaman di Google
warehouse tersebut.
Ambil file "QuickiesPart1.skp" tersebut dan simpan pada lokasi
sementara di komputer anda.
Tip & Trick |
Menyimpan komponen yang
diambil langsung dari Warehouse ke
local folder Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penuyimpanan dilakukan melalui Window Component. Klik tombol In Model untuk menampilkan komponen yang sudah ada di dalam model dan RightClick komponen yang akan simpan. Pilih 'save as' dan simpan di local folder. |
Pada saat ini, ketiga komponen tersebut masih tersimpan dalam satu file. Kita perlu memisahkan masing-masing komponen dan menyimpannya pada subfodler yang sebelumnya sudah kita persiapkan. (\Quicky). Buka file "QuickiesPart1.skp" dan lakukan langkah seperti yang ada dalam Tip & Trick disamping.
0 comments:
Posting Komentar