Minggu, 20 Desember 2009

Freebies: Komponen Kamar Mandi


Kamar mandi pada Proyek I dibuat dengan desain model tradisional, yaitu memakai bak air dan kloset jongkok (squat toilet). Model kamar mandi seperti ini masih tetap dipakai pada rumah-rumah modern di Indonesia. Paling tidak untuk kamar mandi  pembantu. Pada pada Proyek II, kamar mandi ini masih tetap ada. Namun untuk disain kamar mandi kedua sudah memakai peralatan yang lebih modern seperti shower dan kloset duduk.

Dalam pembuatan model kamar mandi, saya tidak menyertakan beberapa peralatan yang kecil-kecil seperti kran air . Biasanya penambahan komponen kecil seperti ini hanya diperlukan kalau anda ingin menghasilkan output yang realistis melalui rendering atau untuk tampilan-tampilan close-up.

Komponen yang saya referensikan disini semuanya ada tersedia di Google 3D Warehouse.

Kamar Mandi Proyek I

TraditionalBath

Disain kamar mandi pada Proyek I memakai bak mandi fiberglass dan kloset jongkok seperti gambar di samping.

Sampai dengan tulisan ini dibuat - sepanjang yang saya tahu - di Google 3D Warehouse belum ada komponen bak mandi dan kloset jongkok seperti ini. Tapi karena komponen ini mudah dibuat, sekarang sudah saya upload kesitu.

Komponen ini memiliki kemampuan Cut Opening, jadi anda tidak perlu menyiapkan lobang supaya komponen ini bisa tembus pada keramik seperti digambar.

Bak Mandi Fiberglass

Bak mandi yang dibuat dari fiberglass ini adalah model yang harus 'dibungkus' dengan pasangan keramik seperti pada ilustrasi diatas. Bak mandiBiar lebih realistis, saya tambahkan gayung plastik yang mengambang di air yang biru bening.

Anda bisa merubah warna bak ini agar sesuai dengan selera dengan cara mengaplikasikan material color pada object/komponen ini. Warna air dan gayung akan tetap sama walaupun warna fiberglasnya di ganti.

Klik pada gambar untuk mendownload komponen ini dari Google 3D Warehouse. Setelah di download, simpan komponen di folder Komponen yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Klosek Jongkok Keramik

SquatKloset jongkok ini terbuat dari keramik. Seperti halnya dengan bak fiberglass, kloset ini juga bisa diganti warna sesuai dengan pilihan warna aslinya.

Komponen ini juga sudah saya upload ke 3D Warehouse. Supaya mudah diakses,  simpan komponen ini di folder Komponen yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Kamar Mandi Proyek II

NewBathPada Proyek II, selain kamar mandi tradisional,  kita juga akan membuat sebuah kamar mandi dengan ukuran yang relatif sama yang berisi kloset duduk dan shower. 

Shower set terdiri dari satu buah pancuran dan wall faucet. Untuk menjaga air tidak menyiprat kemana-mana dipakai shower curtain. Kloset duduk yang dipakai ukurannya cukup kecil, sehingga bisa saya penempatanya dirubah agar bisa ditambahkan juga sebuah wastafel kecil di kamar mandi ini.

Kedua komponen ini saya buat sendiri karena saya ingin bentuk yang baik tapi filesizenya cukup kecil sehingga tidak terlalu membebani komputer.

Kloset Duduk

SquatKloset duduk yang ada di Google 3D Warehouse rata-rata memiliki dimensi yang besar, dan modelnya belum tentu tersedia di Indonesia. Jadi saya buat buat sendiri komponen kloset duduk sesuai dengan model yang pernah saya pakai yaiitu Toto jenis 6/3 L Dual Flush tipe CW821J seperti foto disamping. Saya senang model ini karena ukuran panjang/ lebarnya cuma 71x40 cm. Cocok untuk kamar mandi kecil.

Secara ukuran, komponen toilet yang saya ini sudah mendekati aslinya karena dibuat berdasarkan file CAD yang ada di website mereka.

Komponen ini juga sudah saya upload ke Google 3D Warehouse. Supaya mudah diakses, simpan komponen ini di folder Komponen yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Shower Corner

SquatKeran dan pancuran ang ada di shower ini dibuat oleh Google. Saya hanya menambahkan shower curtain yang biasanya terbuat dari plastik. Ukuran kotak shower ini adalah 80x80 cm dengan tinggi shower curtain plus relnya adalah 200 cm.

Sesuai dengan namanya, komponen ini dipakai untuk kamar mandi dengan shower area di salah satu pojok kamar mandi dan sisi sudut ini bisa ditutup oleh shower curtain plastik.

Klik pada gambar untuk mendownload komponen ini dari Google 3D Warehouse. Setelah di download, simpan komponen di folder Komponen yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Alternatif Shower Set

Bak mandiIni adalah seperangkat shower yang lebih realistis karena saya buat dari model 3D yang tersedia di site Grohe. Model ini saya import ke dalam SketchUp dan saya sederhanakan supaya filesizenya tidak sangat besar.

Perangkat ini terdiri dari Shower Head dan dan Shower Bar type Tempesta dan Shower Mixer (keran air panas/dingin). Karena di import langsung dari 3D yang dibuat dari produsennya sendiri, ukurannya cukup akurat seperti aslinya. Tapi akibatnya, filesize-nya cukup besar. Jadi apabila anda ingin memakai komponen ini, nanti saja pada saat semua desain sudah selesai sehingga tidak terlalu membebani prosesor.

Klik pada gambar untuk mendownload komponen ini dari Google 3D Warehouse. Setelah di download, simpan komponen di folder Komponen yang sudah kita siapkan sebelumnya.

Alternatif Cara Download

Kita bisa secara langsung mendownload komponen ini dari Google 3D  Warehouse melalui Window Component . Dengan cara ini komponen bisa WarehouseDirectuntuk langsung disimpan di model yang kita buat, seolah-olah komponen tersebut sudah ada di folder lokal kita. Karena banyak sekali komponen yang ada disana, kita perlu mencari dengan satu atau beberapa keyword(s) yang unik sehingga tampilan komponen hasil pencarian tidak terlalu banyak.

Buka menu Window -> Components. Masukan keyword "harrynov freebies bathroom" seperti gambar disamping dan klik Search, maka akan muncul model/komponen yang saya buat yang berkaitan dengan bathroom. Pilih komponen yang akan dipakai seperti normalnya kita memakai Components Window, maka komponen tersebut langsung di download dan siap untuk ditaruh di model yang sedang anda buat.

Tip & Trick
Menyimpan komponen yang diambil langsung dari Warehouse ke local folder
Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penuyimpanan dilakukan melalui Window Component.
Klik tombol In Model InModeluntuk menampilkan komponen yang sudah ada di dalam model dan RightClick komponen yang akan simpan. Pilih 'save as' dan simpan di local folder.

Agar proses download ini tidak selalu harus diulang saat  komponen ini akan dipakai lagi nanti, save komponen yang sudah disimpan di model yang kita buat ke folder \Komponen.

 

Enjoy!

Harrynov


0 comments: