Untuk pembuatan model rumah bertingkat dalam Proyek 2, kita akan
memakai 2 komponen Quickies baru, yatu sebuah komponen Pintu Geser dan
komponen Tangga. Sama seperti komponen Quickies sebelumnya, kedua
komponen ini berjenis Dynamic Component.

Pada komponen ini hampir semua detil juga bisa diatur melalui
komponen Option.
Sehingga pemakaiannya sangat fleksibel. Karena niatnya memang supaya
komponen ini bisa reusable untuk disain-disain yang lain.
Walaupun pada
model rumah dua lantai yang akan kita buat tidak ada pemakaian tangga
spiral, saya ikutkan untuk dipakai sebagai alternatif.
Tips and Trick |
Dynamic Component![]() Sebuah Dynamic Component biasanya juga memiliki beberapa logika tertentu mengenai perilaku komponen ketika diklik dan / atau diubah ukurannya. |
Komponen ini dibuat untuk membantu pencarian
dimensi dan tangga bentuk yang tepat tanpa harus
mengetahui cara membuat tangga dengan SketchUp. Jika kita bisa
melakukannya ini dengan sesederhana mungkin, kita akan dapat lebih
bisa berkreasi dan bereksperimen dengan bentuk-bentuk tangga yang
sesuai dengan kebutuhan.
Setelah anda biasa memakai SketchUp, secara natural anda akan bisa
membuat bermacam bentuk 3 dimensi tanpa harus memakai komponen semacam
ini.
Satuan Ukuran
Secara default, satuan yang dipakai adalah Centimeter.
Anda dapat
memasukan angka desimal sebanyak yang diperlukan. Anda juga bisa
memasukan unit lain selain cm sepanjang entry ukuran tersebut
dilengkapi dengan satuan terkait, misalnya 50" atau 3.915m. Setiap saat
ukuran-ukuran ini dapat dirubah sehingga kita dapat mencari ukuran dan
bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.
Animasi
Komponen pintu geser juga memiliki animasi buka tutup supaya
terlihat lebih realistis. Komponen tangga tidak memiliki animasi.
Scaling/perubahan ukuran keseluruhan

Masing-masing komponen memiliki pengaturan lebar/panjang atau tinggi
ukuran
secara akurat. Selain itu, ukuran ini komponen juga dapat diubah dengan
menggunakan Scaletool. Perubahan pada komponen
menggunakan perangkat ini akan mengubah panjang dan lebar keseluruhan
dari komponen, tetapi tidak akan berdampak pada dimensi lain yang tidak
terkait langsung dengan ukuran keseluruhan.
Untuk komponen tangga, perubahan tinggi tangga otomatis akan
menambah/mengurangi jumlah anak tangga sesuai dengan batasan yang
sebelumnya kita entry (maksimal tinggi dan minimal lebar anak tangga).
Quick Pintu Geser
Komponen ini akan dapat secara akurat memodelkan pintu geser, model satu atau dua daun, termasuk animasi buka tutup dengan cara geser.
Ukuran daun pintu adalah sama
dengan ukuran struktur pintu dan untuk
pintu jenis ini tidak ada skoneng.
Pengaturan opsi yang ada pada komponen ini hampir sama dengan yang ada pada komponen Quick-Pintu sebelumnya.
Perubahan tinggi atau lebar komponen ini dapat dilakukan juga dengan memakai Tool Scale.
Pemilihan Double Door atau Single Door ditentukan melalui opsi Banyak
Daun. Untuk pintu Double Door, kedua daun pintu akan
mempunyai lebar yang sama yaitu setengah dari keseluruhan lebar kusen.
![]() |
Contoh Aplikasi Pintu Geser |
Quick Tangga

Penentuan bentuk dan ukuran tangga adalah salah satu tantangan yang paling rumit dalam pembuatan disain rumah. Banyak variable yang perlu diperhatikan agar tangga tersebut aman, nyaman, dan seswuai dengan space yang tersedia. Hal ini sangat terasa utamanya pada rumah yang memiliki luasan terbatas. Komponen ini akan sangat membantu penentuan variable tersebut.

Lebar/Width (a)adalah sisi tangga yang
sesuai arah naik dan turun dan Panjang/Length (b)
adalah jarak antara awal tangga sampai dengan akhir
tangga. Untuk tangga Letter-U, panjang ini dihitung dari tangga
awal sampai dengan bordes. Besarnya (a) dan (b) menunjukan footprint
tangga tersebut pada lantai bagian bawah.
Tinggi/Height (c) adalah jarak antara lantai
atas dan lantai bawah.
Tinggi anak tangga/Rise (d) ditentukan oleh nilai Tinggi/Rise
Maximum. Component ini akan menghitung tinggi anak tangga aktual
ini dengan memperhitungkan tinggi keseluruhan serta lebar anak tangga.
Lebar anak tangga/Going (e) ditentukan oleh Lebar Minimal
yang
diperbolehkan. Perhitungan lebar actual ini dipengaruhi oleh lebar
struktur, namun demikian untuk tangga yang memiliki bordes, Lebar
minimal selalu sama dengan lebar aktual.
Panjang anak tangga/Step Width (f) dipengaruhi oleh lebar struktur tangga secara keseluruhan, bentuk tangga dan adanya bordes/spasi pada bordes. Apabila anak tangga terakhir tidak ingin ditampilkan karena menyatu dengan lantai atas, maka Undakan Akhir bisa di set sebagai 'Tidak Ada'
Tips and Trick |
Known Issue Apabila bentuk tangga bagian atas melewati batas footprint (a) dan (b) maka lebar dan panjang yang ditampilkan dalam (a) dan (b) tidak lagi mencerminkan footprint tangga yang sebenarnya. |
Posisi bordes/Landing (g) adalah posisi anak tangga
yang akan
digantikan oleh bordes ini. Nilai 0 pada field ini menunjukan tangga
tidak memiliki bordes. Spasi/Spacing (h) pada bordes
menunjukan
jarak antara sisi-sisi anak tangga yang berlainan arah. Misalnya
diantara anak tangga bentuk U ditengahnya terdapat tembok, maka spasi
adalah ketebalan tembok yang akan dibuat.
![]() |
![]() |
A Straight Quick Stair | Two Straight Quick Stairs |
Quick Tangga Spiral

Pembuatan tangga spiral tidak serumit pembuatan tangga biasa.
Biasanya
persoalan utamanya adalah penentuan berapa tinggi anak tangga yang
serta posisi tangga pertama yang tepat agar tidak mengganggu lalulintas
dibawahnya.
Tinggi Total/Height (a) adalah keseluruhan tinggi
struktur tangga, termasuk
railing. Pada saat pertama kali tangga dibuat, tinggi railing agar
ditetapkan
sebagai 0 cm (tanpa railing). Hal ini untuk mempermudah penetapan
tinggi tangga yang dibutuhkan dengan memakai Scaletool. Setelah tinggi ini telah
pasti, baru kemudian Tinggi Railing ini ditambahkan secara manual ke
tinggi total.
Diameter tangga adalah lebar keseluruhan tangga yang menjad footprint di lantai bawah. Nilai (b)
adalah Radius yang menunjukan ruang yang tersedia untuk berjalan
dan lebar dan panjang landing. Nilai (b) ini yang besarnya
setengah dari diameter.

Tinggi anak tangga/Rise (c) diperoleh berdasarkan
nilai Tinggi Max dan tinggi keseluruhan tangga. Dari nilai-nilai
ini pula didapat jumlah anak tangga.
Lebar terluar anak tangga /Outer Width (d) akan mempengaruhi
pada sudut mana letak anak tangga paling bawah dimulai.
Tool Scale hanya dapat dipakai untuk merubah tinggi total
komponen ini. Perubahan arah naik (default naik dari sisi kanan) bisa
dilakukan dengan membalik tangga ini memakai Flip on Red Axis.
![]() |
Contoh Aplikasi Tangga Spiral |
Saran Pemakaian
Pemakaian Quick Tangga Spiral biasanya dilakukan sebagai mana berikut:
- Taruh tangga di lokasi yang dinginkan,
- Sesuaikan tinggi tangga dengan ketinggian lantai yang dituju.
Untuk mudahnya, pakai Scale
tool dan geser bagian atas kearah yang sesuai dengan tinggi lantai yang dituju.
- Putar arah landing bagian paling atas sesuai dengan sisi landing yang diinginkan. Bilamana perlu, tukar sisi kiri-kanan tangga dengan membaliknya (flip) dengan memakai Context Menu -> Flip Along Component's Red.
- Atur ketinggian undakan maximal dan lebar terluar dari undakan sehingga didapat posisi anak tangga pertama yang paling sesuai. Sesuaikan nilai-nilai ini dengan norma pembuatan tangga agar selain fungsional juga aman dan nyaman dalam pemakaian.
- Tambahkan Hand rail dengan mengisi tinggi yang diinginkan.
Tambahkan juga angka yang sama kepada tinggi total supaya ketinggian
landing tetap sama.
Mendownload dan Menyimpan Quicky Component.
Ketiga Quicky komponen ini sudah saya upload ke
Google 3d Warehouse. Klik pada Gambar disamping atau pada link ini. Untuk membuka halaman di Google
warehouse tersebut.
Ambil file "QuickiesPart2.skp" tersebut dan simpan pada lokasi
sementara di komputer anda.
Tip & Trick |
Menyimpan komponen yang
diambil langsung dari Warehouse ke
local folder Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penyimpanan dilakukan melalui Window Component. Klik tombol In Model ![]() |
Pada saat ini, ketiga komponen tersebut masih tersimpan dalam satu file. Kita perlu memisahkan masing-masing komponen dan menyimpannya pada subfolder yang sebelumnya sudah kita persiapkan. (\Quicky). Buka file "Quickies-PartTwo.skp" dan lakukan langkah seperti yang ada dalam Tip & Trick disamping.
0 comments:
Posting Komentar