Jumat, 29 Januari 2010

Quickies Anyone ? (Part Two)

... Three more Quickies ...

Untuk pembuatan model rumah bertingkat dalam Proyek 2, kita akan memakai 2 komponen Quickies baru, yatu sebuah komponen Pintu Geser dan komponen Tangga. Sama seperti komponen Quickies sebelumnya, kedua komponen ini berjenis Dynamic Component.

Pada komponen ini hampir semua detil juga bisa diatur melalui komponen Option. Sehingga pemakaiannya sangat fleksibel. Karena niatnya memang supaya komponen ini bisa reusable untuk disain-disain yang lain.

Walaupun pada model rumah dua lantai yang akan kita buat tidak ada pemakaian tangga spiral, saya ikutkan untuk dipakai sebagai alternatif.

Tips and Trick
Dynamic Component
ToolLineTidak seperti komponen biasa, Dinamic Component (DC) dapat menerima masukan dari pengguna untuk mengubah pilihan/setting dalam rangka mengendalikan elemen-elemen dari komponen tersebut.
Sebuah Dynamic Component biasanya juga memiliki beberapa logika tertentu mengenai perilaku komponen ketika diklik dan / atau diubah ukurannya.

Komponen ini dibuat untuk membantu pencarian dimensi dan tangga bentuk yang tepat tanpa harus mengetahui cara membuat tangga dengan SketchUp. Jika kita bisa melakukannya ini dengan sesederhana mungkin, kita akan dapat lebih bisa berkreasi dan bereksperimen dengan bentuk-bentuk tangga yang sesuai dengan kebutuhan.
Setelah anda biasa memakai SketchUp, secara natural anda akan bisa membuat bermacam bentuk 3 dimensi tanpa harus memakai komponen semacam ini.

Satuan Ukuran

Secara default, satuan yang dipakai adalah Centimeter. Anda dapat memasukan angka desimal sebanyak yang diperlukan. Anda juga bisa memasukan unit lain selain cm sepanjang entry ukuran tersebut dilengkapi dengan satuan terkait, misalnya 50" atau 3.915m. Setiap saat ukuran-ukuran ini dapat dirubah sehingga kita dapat mencari ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.

Animasi

Komponen pintu geser juga memiliki animasi buka tutup supaya terlihat lebih realistis. Komponen tangga tidak memiliki animasi.

Scaling/perubahan ukuran keseluruhan
RectSize

Masing-masing komponen memiliki pengaturan lebar/panjang atau tinggi
ukuran secara akurat. Selain itu, ukuran ini komponen juga dapat diubah dengan menggunakan ScaleToolSelecttool. Perubahan pada komponen menggunakan perangkat ini akan mengubah panjang dan lebar keseluruhan dari komponen, tetapi tidak akan berdampak pada dimensi lain yang tidak terkait langsung dengan ukuran keseluruhan.

Untuk komponen tangga, perubahan tinggi tangga otomatis akan menambah/mengurangi jumlah anak tangga sesuai dengan batasan yang sebelumnya kita entry (maksimal tinggi dan minimal lebar anak tangga).

Quick Pintu Geser

Komponen ini akan dapat secara akurat memodelkan pintu geser, model satu atau dua daun, termasuk animasi buka tutup dengan cara geser.

Sliding DoorUkuran daun pintu adalah sama dengan ukuran struktur pintu dan untuk pintu jenis ini tidak ada skoneng.

Pengaturan opsi yang ada pada komponen ini hampir sama dengan yang ada pada komponen Quick-Pintu sebelumnya.

Perubahan tinggi atau lebar komponen ini dapat dilakukan juga dengan memakai Tool Scale.

Pemilihan Double Door atau Single Door ditentukan melalui opsi Banyak
Daun
. Untuk pintu Double Door, kedua daun pintu akan mempunyai lebar yang sama yaitu setengah dari keseluruhan lebar kusen.


Terasa
 Contoh Aplikasi Pintu Geser

Quick Tangga

Sliding Dp

Penentuan bentuk dan ukuran tangga adalah salah satu tantangan yang paling rumit dalam pembuatan disain rumah. Banyak variable yang perlu diperhatikan agar tangga tersebut aman, nyaman, dan seswuai dengan space yang tersedia. Hal ini sangat terasa utamanya pada rumah yang memiliki luasan terbatas. Komponen ini akan sangat membantu penentuan variable tersebut.

TraditionalBath

Lebar/Width (a)adalah sisi tangga yang sesuai arah naik dan turun dan Panjang/Length (b) adalah jarak antara awal tangga sampai dengan akhir tangga. Untuk tangga Letter-U, panjang ini dihitung dari tangga awal sampai dengan bordes. Besarnya (a) dan (b) menunjukan footprint tangga tersebut pada lantai bagian bawah.
Tinggi/Height (c) adalah jarak antara lantai atas dan lantai bawah.

Tinggi anak tangga/Rise (d) ditentukan oleh nilai Tinggi/Rise Maximum. Component ini akan menghitung tinggi anak tangga aktual ini dengan memperhitungkan tinggi keseluruhan serta lebar anak tangga.

Lebar anak tangga/Going (e) ditentukan oleh Lebar Minimal yang diperbolehkan. Perhitungan lebar actual ini dipengaruhi oleh lebar struktur, namun demikian untuk tangga yang memiliki bordes, Lebar minimal selalu sama dengan lebar aktual.

Panjang anak tangga/Step Width (f) dipengaruhi oleh lebar struktur tangga secara keseluruhan, bentuk tangga dan adanya bordes/spasi pada bordes. Apabila anak tangga terakhir tidak ingin ditampilkan karena menyatu dengan lantai atas, maka Undakan Akhir bisa di set sebagai 'Tidak Ada'

Tips and Trick
Known Issue
Apabila bentuk tangga bagian atas melewati batas footprint (a) dan (b) maka lebar dan panjang yang ditampilkan dalam (a) dan (b) tidak lagi mencerminkan footprint tangga yang sebenarnya.

Posisi bordes/Landing (g) adalah posisi anak tangga yang akan digantikan oleh bordes ini. Nilai 0 pada field ini menunjukan tangga tidak memiliki bordes. Spasi/Spacing (h) pada bordes menunjukan jarak antara sisi-sisi anak tangga yang berlainan arah. Misalnya diantara anak tangga bentuk U ditengahnya terdapat tembok, maka spasi adalah ketebalan tembok yang akan dibuat.

Terasa Gabung
 A Straight Quick Stair   Two Straight Quick Stairs

Quick Tangga Spiral

Spiral Stair Option

Pembuatan tangga spiral tidak serumit pembuatan tangga biasa. Biasanya persoalan utamanya adalah penentuan berapa tinggi anak tangga yang serta posisi tangga pertama yang tepat agar tidak mengganggu lalulintas dibawahnya.

Tinggi Total/Height (a) adalah keseluruhan tinggi struktur tangga, termasuk railing. Pada saat pertama kali tangga dibuat, tinggi railing agar ditetapkan sebagai 0 cm (tanpa railing). Hal ini untuk mempermudah penetapan tinggi tangga yang dibutuhkan dengan memakai ScaleToolSelecttool. Setelah tinggi ini telah pasti, baru kemudian Tinggi Railing ini ditambahkan secara manual ke tinggi total.

Diameter tangga adalah lebar keseluruhan tangga yang menjad footprint di lantai bawah. Nilai (b) adalah Radius yang menunjukan ruang yang tersedia untuk berjalan dan lebar dan panjang landing. Nilai (b) ini yang besarnya setengah dari diameter.

Spiral Stair Detail

Tinggi anak tangga/Rise (c) diperoleh berdasarkan nilai Tinggi Max dan tinggi keseluruhan tangga. Dari nilai-nilai ini pula didapat jumlah anak tangga.

Lebar terluar anak tangga /Outer Width (d) akan mempengaruhi pada sudut mana letak anak tangga paling bawah dimulai.

Tool Scale hanya dapat dipakai untuk merubah tinggi total komponen ini. Perubahan arah naik (default naik dari sisi kanan) bisa dilakukan dengan membalik tangga ini memakai Flip on Red Axis.

Tangga Spiral
 Contoh Aplikasi Tangga Spiral
Saran Pemakaian

Pemakaian Quick Tangga Spiral biasanya dilakukan sebagai mana berikut:

  1. Taruh tangga di lokasi yang dinginkan,
  2. Sesuaikan tinggi tangga dengan ketinggian lantai yang dituju. Untuk mudahnya, pakai ScaleToolSelecttool dan geser bagian atas kearah yang sesuai dengan tinggi lantai yang dituju.
  3. Putar arah landing bagian paling atas sesuai dengan sisi landing yang diinginkan. Bilamana perlu, tukar sisi kiri-kanan tangga dengan membaliknya (flip) dengan memakai Context Menu -> Flip Along Component's Red.
  4. Atur ketinggian undakan maximal dan lebar terluar dari undakan sehingga didapat posisi anak tangga pertama yang paling sesuai. Sesuaikan nilai-nilai ini dengan norma pembuatan tangga agar selain fungsional juga aman dan nyaman dalam pemakaian.
  5. Tambahkan Hand rail dengan mengisi tinggi yang diinginkan. Tambahkan juga angka yang sama kepada tinggi total supaya ketinggian landing tetap sama.

Mendownload dan Menyimpan Quicky Component.

Sliding door and StairKetiga Quicky komponen ini sudah saya upload ke Google 3d Warehouse. Klik pada Gambar disamping atau pada link ini. Untuk membuka halaman di Google warehouse tersebut.
Ambil file "QuickiesPart2.skp" tersebut dan simpan pada lokasi sementara di komputer anda.

Tip & Trick
Menyimpan komponen yang diambil langsung dari Warehouse ke local folder
Untuk bisa di Save ke folder local, komponen ini harus kita taruh dulu dalam model. Penyimpanan dilakukan melalui Window Component.
Klik tombol In Model InModeluntuk menampilkan komponen yang sudah ada di dalam model dan RightClick komponen yang akan simpan. Pilih 'save as' dan simpan di local folder.

Pada saat ini, ketiga komponen tersebut masih tersimpan dalam satu file. Kita perlu memisahkan masing-masing komponen dan menyimpannya pada subfolder yang sebelumnya sudah kita persiapkan. (\Quicky). Buka file "Quickies-PartTwo.skp" dan lakukan langkah seperti yang ada dalam Tip & Trick disamping.



Enjoy!

Harrynov

0 comments: