Kamis, 19 November 2009

Prepare Yourself

Kebutuhan hardware dan software

Untuk memulai belajar SketchUp dengan tutorial ini perlu dipersiapkan hardware komputer dan software SketchUp, serta beberapa file tambahan yang akan saya sediakan.

Kebutuhan Hardware dan Operating Sistem

SketchUp dikeluarkan untuk Windows XP/Vista dan Mac OS X sampai sekarang belum ada versi Linux. Blog ini hanya membahas versi Windows saja. Spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh Google sebetulnya cukup rendah. Kebutuhan minimum speed komputer untuk menjalankan SketchUp di  Microsoft Window XP adalah:

  • 600 MHz Processor.
  • 128 MB Ram
  • 128 MB sisa tempat di harddisk
  • Graphic Card 3-D yang mendukung OpenGL versi 1.5
(Informasi selengkapnya ada di link ini)

Pada saat ini sudah sangat susah untuk mencari komputer dengan spek seperti itu, bahkan untuk komputer bekas sekalipun. Sudah lama juga, graphic card yang on board (menjadi satu dengan) motherboard sudah 3-D capable dan bisa OpenGL 1.5. Jadi hal ini umumnya tidak perlu dirisaukan. Tapi memang spesifikasi minimum ini akan cukup membatasi pembuatan model yang agak besar/rumit.

Namun sebenarnya kebutuhan komputer sangat tergantung dari kompleksitas model yang akan dibuat. Saya sendiri sehari-harinya hanya memakai Notebook DualCore 1.83MHz, 1 GB RAM, nVIDIA Graphic Processor On-Board dengan operating sistem MS Window Vista Business. Cukup untuk kebutuhan saya.

Sampai dengan versi terakhir  (saat ini versi 7.1), SketchUp belum sepenuhnya memanfaatkan kemampuan multiprocessor. Jadi, tidak ada jaminan bahwa SketchUp akan running lebih cepat pada komputer dengan dual core dibanding dengan single core (e.i Pentium IV).

Lain halnya dengan Video Card (GPU). SketchUp pasti akan bekerja lebih cepat apabila computer anda memiliki video card tersendiri (di Notebook sering disebutkan dengan dedicated memory untuk Video). Walaupun cuma 128 MB. Perlu dicatat, beberapa diskusi lebih menyarankan bahwa video card yang anda pilih sebaiknya GPU dengan prosesor nVIDIA, bukan ATI.

Demikian juga dengan kapasitas RAM, semakin besar akan semakin baik. Yang membatasi maksimal RAM hanya operating sistemnya. MS Windows XP/Vista 32-bit hanya bisa maksimal 4 GB.

Kebutuhan Software dan tambahan lain

Satu-satunya software yang dibutuhkan adalah Google SketchUp (Free) for Windows. Sebetulnya anda bisa juga langsung menginstall SketchUp Pro. Anda bisa memakai versi Pro selama 8 jam (usage time) tanpa lisensi. Setelah itu, otomatis dia akan menjadi versi Free. Namun saya sarankan pada saat belajar, anda hanya menginstall SketchUp Free saja. Nanti setelah cukup mahir bisa menginstall versi Pro karena pembuatan yang berkaitan dengan hardcopy model anda lebih optimum dengan program LayOut yang ada di versi Pro. Kecuali anda nekad untuk melakukan instalasi ulang OS anda supaya bisa menjalankan lagi versi pro selama 8 jam lagi.

Download

Saya juga menyediakan beberapa file tambahan berupa file (komponen)
yang akan dapat mempercepat pembuatan model rumah anda. Tambahan itu adalah jendela dan pintu yang spek ukuran dasarnya bisa tubah setiap saat, misalnya tebal kusen, tebal pintu/jendela dsb. Namun ukuran besar keseluruhannya dapat dirubah cukup dengan memakai mouse. Saya juga akan memberikan komponen tangga putar dan tangga biasa. Karena pencarian bentuk dan ukuran tangga merupakan hal yang paling sulit, Bahasan mengenai ini ada di Quickies Anyone?

Kebutuhan Koneksi Internet

Pada versi 6, SketchUp secara default menginstall beberapa komponen- komponen dasar (seperti pintu, kursi dan barang-barang lain) ke komputer kita (lokal). Semenjak SU 7, komponen tidak lagi disimpan di lokal, tetapi di Google 3d Warehouse. Dengan demikian dibutuhkan koneksi internet secara terus menerus sepanjang pemakaian SU. 

Saya tidak terlalu suka dengan workflow seperti ini. Sampai sekarang saya tetap menyimpan komponen-komponen yang saya suka secara lokal. Bilamana ada yang saya butuhkan, saya akan mencarinya melalui internet (tidak hanya di Google Warehouse) dan kemudian menyimpannya di folder lokal. Untuk saya, “always on connection” tidak diperlukan.

Komponen-komponen dan Material SU Versi 6 dasar itu masih bisa di download dan diinstall ke komputer kita dengan nama Sketchup 6 Bonus Pack. Komponen ini 100% kompatible dengan SU Versi 7.


Harrynov


0 comments: