Jumat, 20 November 2009

Fresh Start

... New to SkecthUp ...

Instalasi program Sketchup

Tidak ada pengaturan khusus pada saat instalasi SketchUp, cukup jalankan file GoogleSketchUpWEN.exe dan ikuti semua petunjuk di layar. Pilih folder seperti yang disarankan oleh program instalasi.

Karena Sketchup ini adalah program gratis, anda tidak perlu memasukan serial number ataupun meminta aktifasi khusus tertentu. Anda hanya diminta untuk mengaksep term pemakaian.

That's all there is to it.

Persiapkan Folder Kerja

Folder

Untuk keperluan tutorial ini, buatlah beberapa folder pada harddisk seperti gambar disamping.

Folder "\Sketch" akan dipakai untuk menyimpan file sketchup (*.skp) dan file image hasil export dari Sketchup. Sub folder "\Komponen" akan dipakai untuk menyimpan beberapa komponen terkait dengan tutorial ini secara lokal, dan Subfolder "\Quickies" akan dipakai untuk menyimpan komponen Quickies.

Unzip file komponen Quicky dan other komponen yang anda telah download, dan pindahkan isi file ini ke subfolder \Quickies  dan \Komponen yang sudah anda buat.

Running SketchUp for the first time

Saat pertama kali Sketchup dijalankan anda harus memilih salah satu template yang tersedia. Template adalah file yang menyimpan berbagai pengaturan seperti unit pengukuran dan style tampilan layar. 

Tip & Trick
Who is Sang
Sang adalah bentuk manusia yang muncul setiap kita memulai sebuah design baru. Penampakan SANG dimaksudkan untuk memberi indikasi mengenai dimensi (sense of size) saat mengawal pembuatan sebuah Model. Si Sang yang tingginya 5'9" (175 cm) bisa dijadikan panduan untuk menempatkan dan menentukan ukuran object yang pertama kali dibuat. Setelah itu sebaiknya si Sang di delete saja.

Untuk tahap pertama pilih "Simple Template-Meter.Style ini nantinya akan kita sesuaikan dengan kebutuhan.
Uncheck "Always show on start up" supaya layar "Welcome To SkecthUp" ini tidak perlu muncul lagi nanti dan setelah itu pilih Start Using SketchUp.

Setelah anda mengklik OK akan muncul layar seperi gambar dibawah ini. Ini adalah Meja gambar anda. Selain itu akan muncul juga popup Instructor yang menjelaskan secara sekilas beberapa konsep SketchUp. Silahkan dibaca atau bisa segera anda tutup saja karena nanti juga kita akan belajar hal tersebut secara cukup dalam.

sang

Gambar diatas menunjukan tiga hal utama yang nantinya akan terus dipakai dalam SketchUp yaitu:

  1.   Main Axes (Red, Blue dan Green)
  2.   Toolbar,dan
  3.   Measurement
1. Main Axes

Main axes adalah tiga buah garis warna warni yang dipakai sebagai sumbu virtual dari model yang kita buat.  Posisi dari sumbu-sumbu diatas tidak terkait dengan arah mata angin. Umumnya pembuatan model hampir selalu dimulai dari titik 0 Axis, yaitu pertemuan dari ketiga garis, dan sisi depan dari model menghadap kearah kita.

Main Axes Color Convention

  • Merah adalah sumbu X untuk menunjukan bidang kiri-kanan
  • Biru adalah sumbu Y yang menunjukan bidang bawah-atas
  • Hijau adalah sumbu Z untuk menunjukan bidang depan-belakang

Penentuan arah mata angin dilakukan melalui entry Model Location dengan memasukan koordinat dari model yang dibuat dengan menetapkan True North (arah utara yang sebenarnya). Hal ini diperlukan terutama untuk membuat simulasi jatuhnya sinar matahari/ bayangan pada bangunan. Simulasi bayangan ini cukup akurat sesuai dengan posisi matahari pada tanggal dan jam tertentu. Anda bisa memasukan koordinat dari lokasi rumah yang akan dibangun, atau memilih salah satu dari kota yang  sudah tersedia di SketchUp. Sayangnya sampai saat ini pilihan untuk Indonesia baru mencakup 2 kota saja: Jakarta dan Djakarta (lho ...?)

2. Toolbar.

Mayoritas komunikasi kita dengan SketchUp dilakukan melalui toolbar. Secara default SU akan menampilkan Toolbar Getting Started seperti pada gambar diatas. Masih banyak toolbar yang bisa ditampilkan.
Secara bertahap, kita akan menampilkan toolbar-toolbar yang lain sesuai dengan kebutuhan.

3. Measurement.

Salah satu aspek yang penting dalam pembuatan model adalah penetapan ukuran dari apapun yang kita sedang tambahkan ke model kita. Dalam sketchup hampir semua ukuran bisa ditentukan dengan cara click&drag dengan mouse dan progressnya ditampilkan di layar. Dengan cara ini pembuatan mode menjadi cepat, tetapi belum tentu akurat.

Tip & Trick
Measurement Box
Kotak measurement dipakai untuk melihat ukuran(-ukuran) dari benda yang sedang kita buat.
Misalnya, saat kita memilih Tool Circle. Measurement akan menampilan setting jumlah side dari lingkaran, dan setelah kita mengklik bidang gambar maka ia akan menampilkan radius dari lingkaran Tersebut.
Measurement juga dipakai untuk menentukan setting dan ukuran dengan langsung mengentry setting/ukuran yang dilakukan pada saat measurement tersebut muncul. Hal ini akan meningkatkan akurasi model yang anda buat.

Measurement Box dapat membantu membuatnya menjadi akurat dengan mengentri ukuran langsung melalui keyboard. Dijamin bahwa ukuran benda yang anda tambahkan pasti sesuai seperti yang anda ketik.

Satuan yang dipakai dalam box ini secara default sesuai dengan pilihan satuan measurement yang telah dipilih. Namun entry ini sangat flexible karena anda bisa memasukan ukuran apa saya, sepanjang anda menambahkan notasi yang tepat. Contohnya apabila anda ingin membuat lingkaran seukuran pipa 2.5 inci, cukup mengetik 2.5" dan tekan enter. Otomatis SU akan mengkonversikannya ke satuan yang sedang dipakai. Tidak perlu ambil kalkulator.

Sebelum SketchUp dapat dipergunakan, perlu dilakukan pengaturan beberapa terlebih dahulu, supaya hasil yang didapat oleh teman-teman bisa relatif sergaram .

Pengaturan Environment Model yang akan dibuat

Pada saat pertama kali SU dijalankan kita memilih sebuah Simple template standard yang berkaitan dengan jenis Model ang akan dibuat. Ada kemungkinan pengaturan ini belum memenuhi selera kita sehingga perlu dirubah

Merubah Unit dan Dimensi

Unit of Measurement dan Tampilan Dimensi dapat dirubah melalui panel Model info yang bisa diakses melaui menu File > Window.

Change UnitPenentuan unit satuan pengukuran tidak akan merubah ukuran dari model yang sedang atau yang telah kita buat.

Rubahlah Unit pada item-item yang di highlight kuning seperti pada gambar disamping.
Perubahan unit ini bertujuan untuk mengurangi banyaknya angka yang harus kita ketik pada saat mengatur dimensi object yang kita buat, dan untuk supaya  tampilan layar cukup  rapih apabila kita ingin menampilkan dimensi suatu object.

Change DimensionDalam kaitannya dengan itu juga, kita bisa merubah tampilan dimensi yaitu dari standard "Align to Screen" (tampilan angka selalu  menghadap screen) ke  tampilan yang mengikuti objek yang diukur.
Dengan tampilan ini layar terlihat lebih rapih dan lebih terasa efek 3-dimensinya.

Rubahlah Dimension  pada item-item yang di higlight kuning seperti pada gambar disamping. Perubahan tampilan dimensi nantinya bisa dilakukan secara individual, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pengaturan Style

Change UnitPengaturan style dipakai untuk merubah tampilan garis dan warna serta backround dari layar kerja kita. Pada saat pembuatan model, umumnya style yang dipilih adalah salah satu dari kelompok Default Style.  Style lainnya biasanya hanya dipakai untuk membuat tampilan lebih atraktif .
Gambar disamping adalah salah satu pemakaian style yang menampilkan seolah-olah gambar dibuat diatas kertas memakai alat tulis pinsil dengan garis yang cukup keras. Pengaturan style juga tidak merubah apapun dari model yang telah kita buat, selain tampilannya dilayar.

Change DimensionPerubahan Style bisa dilakukan melalui Menu: Window -> Styles. Apapun syle yang dipilih saya sarankan pada saat pembuatan model selalu diitampilkan gambar terlihat tajam dan garis-garis tidak tampak terlalu tebal. Untuk itu rubahlah setting Edge uang ada pada tab Edit Panel Style sehingga isinya seperti gambar disamping.
Tentunya anda bisa berexperimen dengan berbagai setting ini untuk melihat mana yang paling sesuai dengan selera anda.

Menyimpan Environment Secara Permanen

Pengaturan-pengaturan diatas hanya berlaku pada model yang akan dibuat pada layar yang sekarang. Apabila anda akan membuat model baru, template yang  akan dipakai adalah template semula yang sebelumnya telah dipilih sebagai default template.

Change Unit Apabila anda ingin menyimpan settingan ini secara permanen dan selalu dipakai sebagai default template maka munculkan panel Save As template melalui Menu File -> Save as Template ... dan isi panel tersebut seperti gambar disamping, khususnya pada bagian yang diberi highlight kuning.

Default template juga akan menyimpan object yang ada dilayar sekarang. Saya sarankan untuk tahap awal agar si SANG tidak usah didelete dulu.

Pengaturan Toolbar

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, mayoritas komunikasi kita dengan SketchUp dilakukan melalui Toolbar. Berbagai toolbar telah disiapkan dan dikelompokan sesuai dengan fungsinyaChange Dimension.

Pada tampilan awal. SketchUp menampilkan toolbal Getting Started. Toolbar ini hanya untuk sementara saya, karena mencampur beberapa kelompok fungsi yang berbeda. Sebaiknya toolbar ini diganti dengan perangkat toolbar yang pengelompokannya lebih baik sehingga lebih mudah dicari. Saat belajar SketchUp pertama kali, sebaiknya hanya sebagian saja toolbar ini ditampilkan sehingga tidak membingungkan. Supaya seragam, pilih toolbar-toolbar seperti gambar disamping untuk mengganti Toolbar getting started.

Tip & Trick
Docking Toolbar
Pada umumnya Toolbar tidak ditampilkan floating tetapi di docking ke salah satu sisi layar. Ke empat sisi layar bisa dipakai sebagai docking.
Saya biasa mendocking toolbar yang berkaitan dengan editing and construction di sisi kiri, Sementara di sisi atas saya docking toolbar yang berkaitan dengan view.
Pada sisi bawah saya docking untuk toolbar yang jarang dipakai seperti Shadow.

Now you are ready. Grab a drink! We'll be too busy very soon.



Harrynov


0 comments: